PacMan
Permainan ini ditujukan untuk menarik minat para wanita untuk ikut bermain. Untuk
saat ini jumlah gamers pria sedikit lebih mendominasi bila dibandingkan
dengan gamers wanita, akan tetapi sampai akhir tahun 70-an banyak
tempat-tempat hiburan yang seluruhnya berisikan para pemain pria. "Dahulu
setiap orang yang ingin bermain game harus datang ke tempat hiburan
khusus untuk bermain game, dan khusus ditujukan untuk para pria,
tempatnya pun tidak terjaga kebersihannya serta kurang nyaman", kata
Iwatani. "Saya ingin merubah hal tersebut, dan berusaha menciptakan
permainan yang dapat diterima oleh wanita maupun anggota keluarga yang
lain", tambahnya lagi.Setiap hantu memiliki tugasnya masing-masing. Ketika kamu memainkan game ini, mungkin tampaknya seluruh hantu berusaha untuk mengejar kamu. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Iwatani tidak membuat pemrograman seperti itu, karena nanti pada saat bermain hanya akan terlihat empat hantu yang selalu terus berada di belakang Pac-Man. Sebaliknya, hanya Blinky, hantu merah yang tanpa henti akan mengejar kamu sepanjang permainan. Pinky, hantu berwarna pink yang akan memposisikan dirinya 32 pixel dari mulut Pac-Man. Si hantu biru Inky, menempatkan diri pada posisi-posisi tertentu saja. Sedangkan Clyde adalah hantu oranye yang diprogram untuk bergerak secara acak selama permainan berlangsung. Karena pemain secara terus-menerus menggerakkan Pac-Man, hantu-hantu tersebut pun selalu berubah arah dan berusaha untuk mencapai tujuan mereka, hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri dalam game Pac-Man.
Arti Pac-Man sebenarnya. Iwatani berpikir tentang sesuatu yang mungkin menarik perhatian para wanita, seperti cerita tentang para pria, fashion atau sesuatu yang berhubungan dengan makanan. Karena istrinya yang begitu suka akan makanan penutup lah, Iwatani mendapatkan ide untuk menciptakan permainan ini. Tema tersebut dilanjutkan dengan pencarian nama permainan. Dalam bahasa Jepang, "puck-puck" mempunyai makna seperti "munch-munch" dalam bahasa Inggris. Jadi, nama asli Puck-Man diterjemahkan sebagai Munch-Man. Midway Games perusahaan penerbit video game asal Amerika mengubahnya menjadi Pac-Man ketika game ini merambah ke negeri Paman Sam, hal ini bertujuan untuk menghindari perbuatan orang iseng yang memplesetkan kata Puck-Man.
Teka-teki yang belum terwujudkan. Pac-Man dirancang untuk menarik perhatian luas dari gamers melalui desainnya yang sangat sederhana. Keterbatasan teknologi di tahun 1980 memudahkan hal tersebut diwujudkan. Sampai saat ini Iwatani sangat puas dengan hasil kerjanya, meskipun pada awalnya ada satu hal lagi yang ia ingin tambahkan dalam game ini. "Saya ingin menambahkan shelter yang bisa bergerak ke atas dan ke bawah, jadi ketika hantu-hantu datang, shelter dapat menangkap dan merubah hantu itu menjadi bentuk lain yang tidak lagi mengejar Pac-Man", imbuhnya.
Seluruh hantu yang nyaris berwarna sama. Sungguh sulit membayangkan apabila game Pac-Man tanpa hantu-hantu yang berwarna cerah dan berbeda satu sama lain seperti saat ini. Tetapi ketika game itu dalam masa pengembangan, Iwatani mengatakan bahwa ia mendapatkan tekanan yang hebat untuk merubahnya. Presiden dari perusahaan Namco memintanya untuk membuatkan hantu-hantu dengan satu warna, yaitu warna merah agar terasa lebih pas, karena beliau percaya para pemain game mungkin akan bingung membedakan antara hantu-hantu tersebut mana yang merupakan kawan ataupun lawan Pac-Man. Iwata menolak permintaan tersebut, lalu membuat angket dan diberikan kepada para game tester yang berisi tentang pertanyaan apakah mereka menyukai hantu satu atau empat warna. Tidak ada satupun jawaban pada angket tersebut yang menyukai hantu dengan satu warna. Hal ini secara mutlak membuktikan bahwa pemikiran Presiden Namco salah.
Tetris
Pastinya anda pernah memainkan game legendaris Tetris, game yang pernah menjadi booming pada era tahun 80-90an. Lebih dari 125 juta produk terjual dari 30 paltform yang tersedia di 50 negara.
Pada jamannya tetris dapat membuat anak-anak betah berjam-jam duduk di depan layar TV. Tetris semakin digemari ketika game ini dikemas dalam bentuk game boy dan game bots.
25 tahun lalu pada tanggal 6 Juni 1984, Alexey Leonidovich Pajitnov seorang programmer asal Rusia merancang sebuah game yang berbentuk tumpukan tumpukan balok. Game ini kemudian diberi nama Tetris yang berasal dari kata Yunani “Tetra” yang berarti bangun yang terdiri empat bagian. Tak dinyana game yang dibuat di waktu luangnya ini, menjadi game yang paling digemari di muka bumi pada saat itu.
Cara bermain: Membuat garis horizontal menggunakan blok jatuh. Ketika Anda membuat garis, itu dibersihkan dari layar. Permainan berakhir ketika blok menumpuk dan mencapai atas layar. Gunakan tombol panah kiri dan kanan untuk memindahkan blok, spasi (atau x) untuk memutar, z untuk memutar tombol panah berlawanan arah jarum jam dan turun untuk menjatuhkan potongan lebih cepat. Anda mendapatkan poin lebih untuk menyelesaikan beberapa baris sekaligus.
Mario Bros
Mario Bros, boleh jadi sebagai salah satu ikon yang istimewa dari Nintendo. Kehadirannya selama 25 tahun pun memiliki arti tersendiri di kalangan gamer. Namun sedikitnya ada 5 fakta menarik tentang karakter tersebut yang belum banyak diketahui. Di awal kemunculannya pada tahun 1985, game Mario Bros sudah menunjukan prestasi yang mencengangkan. Tercatat, penjualannya yang mencapai 40 juta kopi membuatnya sebagai game Super Mario terlaris sepanjang masa.
Sejak saat itu sosok Mario mulai mulai bermunculan di sejumlah judul game. Ada kalanya ia berperan sebagai dokter, arkeolog, pembalap, hingga pemain golf. Pantas saja jika sosok Mario begitu akrab dengan para gamer. Namun sedikitnya ada 5 fakta menarik tentang sosok Mario yang belum banyak diketahui oleh para gamer. Seperti detikINET kutip dari Videogames Yahoo, Jumat (17/9/2010), fakta tersebut antara lain:
- Nama belangkang Mario adalah Mario, hal ini diketahui pada saat kemunculannya pertama kali dalam game Donkey Kong di tahun 1981.
- Nama resmi Mario baru dikemukakan setelah game Donkey Kong Jr, yang pada saat itu ia berperan sebagai penjahat.
- Mario tidak hanya sebagai karakter paling laris sepanjang masa, namun ia juga tergolong yang paling produktif. Berdasarkan catatan Guinness World Records Edisi 2008, Mario telah hadir di 116 game dengan judul berbeda.
- Suara khas Mario yang agak melengking diisi oleh aktor Charles Martinet.
- Game Super Mario Bros yang telah diluncurkan di Jepang pada 1986, baru bisa dinikmati gamer di negara barat pada tahun 2007. Itu pun berganti judul menjadi Super Mario Bros.: The Lost Levels.
0 comments:
Post a Comment